Jack Skellington Background

Hello!!

selamat datang di blog sayaa......

Selasa, 29 November 2011

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEORI SOSIOLOGI MODERN FAKULTAS ILMU SOSIAL

Minggu ke
Pokok Bahasan
Sub Pokok dan Sasaran Belajar
Teknik Pembela
jaran
Media Pembelajaran
Tugas
Referensi
1
TEORI


TIU
Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian, kegunaan, dan tujuan teori.
1.     Definisi teori
2.     Asal usul teori
3.     Kegunaan teori

TIK
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, kegunaan, dan tujuan teori dalam penerapan konsep sosiologi.


Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
-
1
2
PARADIGMA SOSIOLOGI

TIU
Mahasiswa mampu menjelaskan status  paradigma sosiologi, menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat Indonesia melalui pengamatan di lapangan.
1.    Definisi Paradigma
2.    Gambaran Paradigma

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai status paradigma dengan menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Analisa kasus masyarakat
1
3
PARADIGMA FAKTA SOSIAL



TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis  paradigma fakta sosial .
1.   Definisi paradigma fakta sosial
2.   Exemplar
3.   Pokok Persoalan
4.   Teori –teori
5.   Metode

TIK
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis  paradigma fakta sosial dengan cara mengaitkan paradigma melalui permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Resume
1
4
PARADIGMA DEFINISI SOSIAL

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma definisi sosial
.1.Definisi paradigma definisi sosial
2. Exemplar
3.Pokok Persoalan
4. Teori-teori
5. Metode

TIK
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis  paradigma definisi sosial dengan cara mengaitkan paradigma melalui permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Analisa Kasus di masyarakt
1
5
PARADIGMA PERILAKU SOSIAL

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma perilaku sosial

1.  Definisi paradigma fakta sosial
2.   Exemplar
3.   Pokok Persoalan
4.   Teori –teori
5.   Metode
TIK
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis  paradigma perilaku sosial dengan cara mengaitkan paradigma dengan permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Resume
1
6
TEORI SOSIOLOGI MODERN

TIU
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern
1.  Definisi sosiologi modern
2.   Teori dalam sosiologi modern

TIK
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern agar
dapat menganalisis sustu kasus dengan teori yang ada dalam sosiologi modern.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Analisa kasus masyarakat
1
7
TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL MENURUT  TALCOTT PARSON DAN ROBERT K MERTON

TIU
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert  K Merton.
1.   Definisi teori Fungsional structural
2.   Sistem sosial menurut Talcott Parson dan K Merton.
3.      Perbedaan pandangan antara  Talcott Parson dan K Merton.

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert  K Merton yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Analisa kasus masyarakat
1
8
Mid semester
TIK
Review terhadap daya serap mahasiswa mengenai materi yang diajarkan dosen


Tes

9
TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL MENURUT KARL MAX DAN RANDAL COLLINS

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori konflik menurut Karl Max dan Randal Coolins.
1.   Definisi teori konflik
2.   Konflik dan Perubahan Sosial
3.      Perbedaan pandangan menurut Karl Max dan Coolins

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Karl Max dan Randall Coolins yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
-

10
TEORI KONFLIK MENURUT RALF DAHRENDOF DAN LEWIS COSER

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori konflik menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser
1.      Teori konflik menurut Dahrendof dan Coser.
2.      Konflik dan stratifikasi sosial
3.      Fungsi konflik

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
Analisa kasus di masyarakat

11
TEORI INTERAKSIONISE SIMBOLIK MENURUT GEORGE HERBERT MEAD DAN CHARLES HORTON COOLEY

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley.
1.      Prinsip dasar teori konflik
2.      Gagasan teori konflik menurut Mead dan Cooley.
3.      Pengaplikasian terhadap kehidupan masyarakat

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut
George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik

Analisa kasus di lingkungan masyarakat

12
TEORI INTERAKSIONISE SIMBOLIK MENURUT HERBERT BLUMER DAN ERFING GOFFMAN

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman
1.      Gagasan teori interaksionisme simbolik menurut Blumer dan Goffman.
2.      Premis dasar teori konflik

TIK
Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
resume
1
13
TEORI MENURUT GEORGE C HOMANS DAN PETER M BLAU

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau
1.      Gagasan teori pertukaran menurut George dan Peter M Blau.
2.      Proposisi menurut George.

TIK
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
resume

14
TEORI POST-MODERNISME

TIU
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson.

1.      Pemikiran dalam upaya menemukan makhluk post- modernism
2.      Konsep post- modernisme.
3.      Ciri masyarakat menurut Jameson

TIK
Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.

Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
resume
1
15
CONTOH KASUS DARI TEORI-TEORI SOSIOLOGI MODERN

TIU
Mahasiswa mampu memberi contoh  kasus dan menganalisis   sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern.
1.      Kasus sosial
2.      Fenomena sosial
3.      Analisis menyangkut teori

TIK
Mahasiswa mampu memberi contoh  kasus dan menganalisis   sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan.
Kuliah Mimbar
Papan tulis,spidol,laptop,mik
makalah

16
Ujian Akhir Semester
TIK
Review terhadap daya serap mahasiswa mengenai materi yang diajarkan dosen


tes



Daftar Pustaka
1.     Salim, Agus. 2007. Teori Sosiologi Klasik & Modern. Semarang:UNNES Press.
2.     Ritzer, George. 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


SILABUS

Fakultas                         :         Ilmu Sosial
Jurusan/Prodi                :         Sosiologi Antropologi/Sosiologi Antropologi S1
Mata Kuliah                  :         Teori Sosiologi Modern
Kode Mata Kuliah        :         SOS203
SKS                               :         3 (tiga)
Standar Kompetensi   :           Setelah mengikuti perkuliahan teori sosiologi modern diharapkan para mahasiswa dapat mengetahui , memahami, dan memberikan contoh mengenai konsep teori-teori yang ada dalam teori sosiologi modern dikaitkan dengan kondisi masyarakat saat ini.
.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.      Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian teori, kegunaan teori, dan tujuan mahasiswa belajar teori sosiologi.
1.Definisi teori
2.     Asal usul teori
3.     Kegunaan teori
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.   Tanya jawab
2.   diskusi
3        x 50 menit
Buku sosiologi yang relevan
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan status  paradigma sosiologi, menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat Indonesia melalui pengamatan di lapangan.
1.    Definisi Paradigma
2.    Gambaran Paradigma

1.   Ceramah
2.   Memberikan contoh kasus
3.   Diskusi
4.   Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.   Tanya jawab
2.   diskusi
3        x 50 menit
Buku sosiologi yang relevan
3.      Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis  paradigma fakta sosial .
1.   Definisi paradigma fakta sosial
2.   Exemplar
3.   Pokok Persoalan
4.   Teori –teori
5.   Metode

1.       Ceramah
2.       Memberikan contoh kasus
3.       Diskusi
4.       Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.     Tanya jawab
2.     Diskusi
3        x 50 menit
Buku sosiologi yang relevan
4.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma definisi sosial
1. Definisi paradigma definisi sosial
2. Exemplar
3. Pokok Persoalan
4. Teori-teori
5. Metode
1.    Ceramah
2.    Memberikan contoh kasus
3.    Diskusi
4.    Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.     Tanya jawab
2.     diskusi
3x50 menit
Buku sosiologi yang relevan
5.      Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma perilaku sosial
1.  Definisi paradigma perilaku sosial
2.  Exemplar
3. Pokok persoalan
4. Teori- teori
5. Metode
1.   Ceramah
2.    Memberikan contoh kasus
3.    Diskusi
4.   Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50 menit
Buku sosiologi yang relevan
6.      Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern
1.  Definisi sosiologi modern
2.   Teori dalam sosiologi modern
1.   Ceramah
2.   Memberikan contoh kasus
3.   Diskusi
4.   Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50 menit
Buku sosiologi yang relevan
7.      Mahasiswa mampu menjelaskan  dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert  K Merton.
1.   Definisi teori Fungsional structural
2.   Sistem sosial menurut Talcott Parson dan K Merton.
3.   Perbedaan pandangan antara  Talcott Parson dan K Merton.
1. Ceramah
2. Memberikan contoh kasus
3. Diskusi
4. Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50 menit
Buku sosiologi yang relevan
8.   Mid Semester

Ujian Mid semester tertulis
Pemakaian hasil mid
Tertulis


9.   Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori konflik menurut Karl Max dan Randal Coolins.
1.   Definisi teori konflik
2.   Konflik dan Perubahan Sosial
3.   Perbedaan pandangan menurut Karl Max dan Coolins.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50 menit
Buku sosiologi yang relevan
10.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori konflik menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser.
1.      Teori konflik menurut Dahrendof dan Coser.
2.      Konflik dan stratifikasi sosial
3.      Fungsi konflik.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
11.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley.
1.      Prinsip dasar teori konflik
2.      Gagasan teori konflik menurut Mead dan Cooley.
3.      Pengaplikasian terhadap kehidupan masyarakat.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
12.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman.
1.      Gagasan teori interaksionisme  simbolik menurut Blumer dan Goffman.
2.      Premis dasar teori konflik.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
13.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau.
1.      Gagasan teori pertukaran menurut George dan Peter M Blau.
2.      Proposisi menurut George.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
14.  Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson.

1.      Pemikiran dalam upaya menemukan makhluk post- modernism
2.      Konsep post- modernisme.
3.      Ciri masyarakat menurut Jameson.
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
15.  Mahasiswa mampu memberi contoh  kasus dan menganalisis   sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern.
1.      Kasus sosial
2.      Fenomena sosial
3.      Analisis menyangkut teori
1.      Ceramah
2.      Memberikan contoh kasus
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok
1.      Tanya jawab
2.      diskusi
3x50menit
Buku sosiologi yang relevan
16.  Ujian Akhir Semester
1.      Semua materi dari awal pertemuan.
1.      Mempersiapkan soal
2.      Mempersiapkan lembar jawab
3.      Mengawasi jalannya ujian.
1.      Belajar
2.      Mengikuti Semesteran
Tertulis
2x50menit

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar