Minggu ke | Pokok Bahasan | Sub Pokok dan Sasaran Belajar | Teknik Pembela jaran | Media Pembelajaran | Tugas | Referensi |
1 | TEORI TIU Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian, kegunaan, dan tujuan teori. | 1. Definisi teori 2. Asal usul teori 3. Kegunaan teori TIK Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, kegunaan, dan tujuan teori dalam penerapan konsep sosiologi. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | - | 1 |
2 | PARADIGMA SOSIOLOGI TIU Mahasiswa mampu menjelaskan status paradigma sosiologi, menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat Indonesia melalui pengamatan di lapangan. | 1. Definisi Paradigma 2. Gambaran Paradigma TIK Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai status paradigma dengan menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa kasus masyarakat | 1 |
3 | PARADIGMA FAKTA SOSIAL TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma fakta sosial . | 1. Definisi paradigma fakta sosial 2. Exemplar 3. Pokok Persoalan 4. Teori –teori 5. Metode TIK Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma fakta sosial dengan cara mengaitkan paradigma melalui permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Resume | 1 |
4 | PARADIGMA DEFINISI SOSIAL TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma definisi sosial | .1.Definisi paradigma definisi sosial 2. Exemplar 3.Pokok Persoalan 4. Teori-teori 5. Metode TIK Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma definisi sosial dengan cara mengaitkan paradigma melalui permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa Kasus di masyarakt | 1 |
5 | PARADIGMA PERILAKU SOSIAL TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma perilaku sosial | 1. Definisi paradigma fakta sosial 2. Exemplar 3. Pokok Persoalan 4. Teori –teori 5. Metode TIK Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma perilaku sosial dengan cara mengaitkan paradigma dengan permasalahan sosial yang ada dalam masyarakat. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Resume | 1 |
6 | TEORI SOSIOLOGI MODERN TIU Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern | 1. Definisi sosiologi modern 2. Teori dalam sosiologi modern TIK Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern agar dapat menganalisis sustu kasus dengan teori yang ada dalam sosiologi modern. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa kasus masyarakat | 1 |
7 | TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL MENURUT TALCOTT PARSON DAN ROBERT K MERTON TIU Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert K Merton. | 1. Definisi teori Fungsional structural 2. Sistem sosial menurut Talcott Parson dan K Merton. 3. Perbedaan pandangan antara Talcott Parson dan K Merton. TIK Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert K Merton yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa kasus masyarakat | 1 |
8 | Mid semester | TIK Review terhadap daya serap mahasiswa mengenai materi yang diajarkan dosen | Tes | |||
9 | TEORI FUNGSIONALISME STRUKTURAL MENURUT KARL MAX DAN RANDAL COLLINS TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori konflik menurut Karl Max dan Randal Coolins. | 1. Definisi teori konflik 2. Konflik dan Perubahan Sosial 3. Perbedaan pandangan menurut Karl Max dan Coolins TIK Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Karl Max dan Randall Coolins yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | - | |
10 | TEORI KONFLIK MENURUT RALF DAHRENDOF DAN LEWIS COSER TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori konflik menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser | 1. Teori konflik menurut Dahrendof dan Coser. 2. Konflik dan stratifikasi sosial 3. Fungsi konflik TIK Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa kasus di masyarakat | |
11 | TEORI INTERAKSIONISE SIMBOLIK MENURUT GEORGE HERBERT MEAD DAN CHARLES HORTON COOLEY TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley. | 1. Prinsip dasar teori konflik 2. Gagasan teori konflik menurut Mead dan Cooley. 3. Pengaplikasian terhadap kehidupan masyarakat TIK Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | Analisa kasus di lingkungan masyarakat | |
12 | TEORI INTERAKSIONISE SIMBOLIK MENURUT HERBERT BLUMER DAN ERFING GOFFMAN TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman | 1. Gagasan teori interaksionisme simbolik menurut Blumer dan Goffman. 2. Premis dasar teori konflik TIK Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | resume | 1 |
13 | TEORI MENURUT GEORGE C HOMANS DAN PETER M BLAU TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau | 1. Gagasan teori pertukaran menurut George dan Peter M Blau. 2. Proposisi menurut George. TIK Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | resume | |
14 | TEORI POST-MODERNISME TIU Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson. | 1. Pemikiran dalam upaya menemukan makhluk post- modernism 2. Konsep post- modernisme. 3. Ciri masyarakat menurut Jameson TIK Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | resume | 1 |
15 | CONTOH KASUS DARI TEORI-TEORI SOSIOLOGI MODERN TIU Mahasiswa mampu memberi contoh kasus dan menganalisis sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern. | 1. Kasus sosial 2. Fenomena sosial 3. Analisis menyangkut teori TIK Mahasiswa mampu memberi contoh kasus dan menganalisis sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern yang kemudian dikaitkan dengan fenomena yang terjadi di lapangan. | Kuliah Mimbar | Papan tulis,spidol,laptop,mik | makalah | |
16 | Ujian Akhir Semester | TIK Review terhadap daya serap mahasiswa mengenai materi yang diajarkan dosen | tes |
Daftar Pustaka
1. Salim, Agus. 2007. Teori Sosiologi Klasik & Modern. Semarang:UNNES Press.
2. Ritzer, George. 2003. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
SILABUS
Fakultas : Ilmu Sosial
Jurusan/Prodi : Sosiologi Antropologi/Sosiologi Antropologi S1
Mata Kuliah : Teori Sosiologi Modern
Kode Mata Kuliah : SOS203
SKS : 3 (tiga)
Standar Kompetensi : Setelah mengikuti perkuliahan teori sosiologi modern diharapkan para mahasiswa dapat mengetahui , memahami, dan memberikan contoh mengenai konsep teori-teori yang ada dalam teori sosiologi modern dikaitkan dengan kondisi masyarakat saat ini.
.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1. Mahasiswa dapat mendeskripsikan pengertian teori, kegunaan teori, dan tujuan mahasiswa belajar teori sosiologi. | 1.Definisi teori 2. Asal usul teori 3. Kegunaan teori | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3 x 50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
2. Mahasiswa mampu menjelaskan status paradigma sosiologi, menganalisis permasalahan yang timbul dalam masyarakat Indonesia melalui pengamatan di lapangan. | 1. Definisi Paradigma 2. Gambaran Paradigma | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3 x 50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
3. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma fakta sosial . | 1. Definisi paradigma fakta sosial 2. Exemplar 3. Pokok Persoalan 4. Teori –teori 5. Metode | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. Diskusi | 3 x 50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
4. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma definisi sosial | 1. Definisi paradigma definisi sosial 2. Exemplar 3. Pokok Persoalan 4. Teori-teori 5. Metode | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
5. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, menganalisis paradigma perilaku sosial | 1. Definisi paradigma perilaku sosial 2. Exemplar 3. Pokok persoalan 4. Teori- teori 5. Metode | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian teori sosiologi modern | 1. Definisi sosiologi modern 2. Teori dalam sosiologi modern | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
7. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis teori fungsionalisme structural menurut Talcott Parson dan Robert K Merton. | 1. Definisi teori Fungsional structural 2. Sistem sosial menurut Talcott Parson dan K Merton. 3. Perbedaan pandangan antara Talcott Parson dan K Merton. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
8. Mid Semester | Ujian Mid semester tertulis | Pemakaian hasil mid | Tertulis | |||
9. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis teori konflik menurut Karl Max dan Randal Coolins. | 1. Definisi teori konflik 2. Konflik dan Perubahan Sosial 3. Perbedaan pandangan menurut Karl Max dan Coolins. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50 menit | Buku sosiologi yang relevan |
10. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori konflik menurut Ralf Dahrendof dan Lewis Coser. | 1. Teori konflik menurut Dahrendof dan Coser. 2. Konflik dan stratifikasi sosial 3. Fungsi konflik. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
11. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut George Herbert Mead dan Charles Horton Cooley. | 1. Prinsip dasar teori konflik 2. Gagasan teori konflik menurut Mead dan Cooley. 3. Pengaplikasian terhadap kehidupan masyarakat. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
12. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan Erving Goffman. | 1. Gagasan teori interaksionisme simbolik menurut Blumer dan Goffman. 2. Premis dasar teori konflik. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
13. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori pertukaran menurut George C. Homans dan Peter M Blau. | 1. Gagasan teori pertukaran menurut George dan Peter M Blau. 2. Proposisi menurut George. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
14. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis teori post-modernisme menurut Fredic Jameson. | 1. Pemikiran dalam upaya menemukan makhluk post- modernism 2. Konsep post- modernisme. 3. Ciri masyarakat menurut Jameson. | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
15. Mahasiswa mampu memberi contoh kasus dan menganalisis sendiri dari kelima teori dalam sosiologi modern. | 1. Kasus sosial 2. Fenomena sosial 3. Analisis menyangkut teori | 1. Ceramah 2. Memberikan contoh kasus 3. Diskusi 4. Tanya jawab | Mahasiswa memahami konsep materi pembelajaran pokok | 1. Tanya jawab 2. diskusi | 3x50menit | Buku sosiologi yang relevan |
16. Ujian Akhir Semester | 1. Semua materi dari awal pertemuan. | 1. Mempersiapkan soal 2. Mempersiapkan lembar jawab 3. Mengawasi jalannya ujian. | 1. Belajar 2. Mengikuti Semesteran | Tertulis | 2x50menit |
0 komentar:
Posting Komentar