Satuan Pendidikan : SMA N 1 SLAWI
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : 2 (Genap)
Program : -
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
A. Standar Kompetensi
Menerapakan Nilai dan Norma dalam Proses Pengembangan Kepribadian
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Sosisalisasi sebagai Proses dalam Pembentukan Kepribadian
C. Indikator
1. Maenjelaskan pengertian Kepribadian
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kepribadian
3. Menganalisis hubungan antara kebudayaan dengan kepribadian
4. Menggenaralisasikan unsur-unsur kebudayaan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah kegiatan pembelajaran, siswa dapat menjelaskan pengertian kepribadian
2. Melalaui kerja kelomok, Siswa mampu Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kepribadian
3. Setelah kegiatan pengamatan secara berkelompok, siswa dapat Menjelaskan hubngan antara kebudayaan dengan kepribadian
4. Setelah kegiatan kerja mandiri, siswa dapat menggenaralisasikan unsur-unsur kebudayaan
E. Materi Pelajaran (Sampai sub materi)
Kepribadian
1. Pengertian Kepribadian
2. Faktor-faktor dalam Perkembangan kepribadian
3. Hubungan anatara Kepribadian, Sosialisasi dan Kebudayaan
F. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
G. Model Pembelajaran : Role Playing
H. Kegiatan Pembelajaran
NO | Kegitan pembelajaran | Alokasi waktu |
1. | Kegiatan awal Ø Guru mempersiapkan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Ø Guru memberikan motivasi kepada siswa serta menyiapkan siswa secara psikis untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Ø Guru menyampaikan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran. Ø Menyampaikan cakupan materi kepada siswa sesuai dengan silabus. Ø Menanyakan kepada siswa tentang fenomena yang terkait dengan materi yang akan di bahas. | 10 menit |
2. | Kegiatan inti Ø Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang pengertian kepribadian dan sub-sub materi yang ada di dalamnya. Ø Guru Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya Ø Guru menyusun/menyiapkan skenario yang berkaitan dengan konsep-konsep kepribadian yang akan ditampilkan Ø Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM. Ø Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya terdiri dari 5 orang Ø Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai Ø Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan Ø Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan Ø Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok Ø Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya Ø Guru memberikan kesimpulan secara umum. | 70 menit |
3. | Kegiatan akhir Ø Merangkum Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran pada materi yang telah dibahas melalui diskusi. Ø Umpan balik Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya terkait dengan materi yang kurang dipahami. Ø Tindak lanjut · Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal yang telah disiapkan oleh guru sebagai pekerjaan rumah. · Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya. | 10 menit |
I. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. Kerja mandiri
3. Diskusi
4. Kerja kelompok
J. Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan adalah gambar-gambar yang dapat mewakili kepribadian individu, kepribadian masyarakat kota dan kepribadian masyarakat pedesaan.
K. Sumber Bahan
1. KTSP Standar Isi Sosiologi SMA/MA untuk kelas X, Pengarang Idianto Muin, Penerbit Erlangga, 2006.
2. Sosiologi 1, untuk SMA Kelas X, Pengeranag Titi Priyono, Penerbit Yudhistira, 2006.
3. internet
4. Masyarakat setempat
L. Penilaian
1. Hasil diskusi siswa dalam kelompok
2. Partisipasi siswa dalam proses diskusi
3. Hasil pekerjaan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru
Semarang, Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Totok Rohana, M.Si Nabila Viendy N.P, S.Pd
NIP. NIP. 3401409017
0 komentar:
Posting Komentar